Sabtu, 26 November 2011

Gloomy sunday













Halo Kawan Kawan Davichi Gimana hari Kalian ?? Gak Usah Bicarain Deh  eh udah pada denger lagu gloomy sunday gak ?? Kayanya Sudah Pernah Denger ya..... Mau Tau Sejarah Nya Gak ??

Sejarah lagu Goomy Sunday

apa yang terlintas ketika pertama kali denger lagu gloomy sunday? cuih ini lagunya orang galau, judulnya aja minggu kelabu, gitu kali ya. tapi kata om wiki, gloomy sunday bukan lagu galau biasa mengingat udah banyak yang bunuh diri setelah mendengar lagu ini. di hari minggu pula. nah lo
digubah pertama kali oleh komposer dan pianis Hungaria Rezso Seress tahun 1933 dengan judul Szomorú vasárnap. korban pertama adalah pacar Seress sendiri yang bunuh diri dengan melompat dari jembatan. disusul oleh begitu banyak orang lainnya yang bunuh diri di hari minggu setelah mendengarkan lagu tersebut. ga mengherankan kalo Hungaria, Amerika, dan Inggris melarang lagu itu diputar di radio. 35 tahun kemudian Seress bunuh diri dengan melompat dari jendela, namun berhasil diselamatkan. di rumah sakit dia melanjutkan aksi bunuh diri dengan mencekik lehernya menggunakan kawat. dan berhasil.
lagu ini diterjemahkan ke berbagai bahasa, bahasa inggrisnya aja ada dua versi. ini lirik yang masih murni, belum ditambah verse ketiga yang bercerita kalo ini semua hanya mimpi. tujuannya biar ga serem serem amat.

GLOOMY SUNDAY
Gloomy Sunday with a hundred white flowers
I was waiting for you my dearest with a prayer
A Sunday morning, chasing after my dreams
The carriage of my sorrow returned to me without you
It is since then that my Sundays have been forever sad
Tears my only drink, the sorrow my bread…
Gloomy Sunday
This last Sunday, my darling please come to me
There’ll be a priest, a coffin, a catafalque and a winding-sheet
There’ll be flowers for you, flowers and a coffin
Under the blossoming trees it will be my last journey
My eyes will be open, so that I could see you for a last time
Don’t be afraid of my eyes, I’m blessing you even in my death…
The last Sunday


Tidak ada komentar:

Posting Komentar